PERILAKU ORGANISASI

Dalam sebuah studi telah menemukan bahwa ada beberapa factor yang memepengaruhi seseorang memilih sebuah pekerjaan diantarana adalah mutu pekerjaan dan dukungan lingkungan kerja yang baik/mendukung. Sedangkan upah dan tunjangan tambahan tidak menjadikan alasan seseorang menyukai sebuah pekerjaan. Oleh karena itu Sebuah organisasi dalam rangka mendapatkan/mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi perlu dikembangkan hubungan antar pribadi segenap jajaran organisasi secara baik sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

FUNGSI MANAJAMEN
Menurut Henry Fayol Manajer memiliki beberapa fungsi yaitu merencanakan, mengorganisasi, memeritah, mengkoordinasi dan mengendalikan. Tetapi dari kelima fungsi ini dapat di ringkas menjadi empat: perencaan, pengorganisasiaan, pemimpinan dan pengendalian.

Perencaaan, mencakup penetapan tujuan, penegakaan strategi dan pengembangan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan.

Pengorganisasiaan , menetapkan apa tugas-tugas yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan, bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan dan bagaimana hubungan struktur kerja harus dibuat.

Kepemimpinan, mencakup hal hal yang berkaitan dengan bagaimana memotivasi karyawan, mengarahkan orang lain, menyeleksi saluran, saluran komunikasi yang paling efektif dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengelola dan memecahkan konlik agar tidak menyimpang dari tujuan organisasi.

Pengendalian, Tugas ini mencakup bagaimana memantau kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan agar tidak ada penyimpangan arah yang telah ditetapkan.

PERAN MANAJEMAN
Ada banyak peran yang dimainkan oleh para manajer dalam sebuah organisasi namun semua itu dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu
1. Peran hubungan antar pribadi dimana semua manajer dituntut untuk menjalankan tugas-tugas yang sifatnya seremonial dan simbolis atau biasa disebut pemimpin lambang (figurehead). Disamping itu juga sebagai pimpinan yang mencakup tugas mempekerjakan, melatih, memotivasi dan mendisiplinkan bawahan.
2. Peran Informasi , semua manajer menerima dan mengumpulkan informasi dari luar organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kepentingan perencanaan organisasi
3. Peran Keputusan, Para manajer juga memiliki peran sebagai pengambil keputusan untuk memecahkan masalah yang ada dalam lingkup bagiannya. Disamping itu juga sebagai entrepreneur yang bersifat memprakarsai dan mengawasi kegiatan-kegiatan baru yang akan menyempurnakan kinerja organisasi.

Untuk bisa menjalankan ketiga peran tersebut seorang manajer harus memiliki beberapa ketrampilan
1. Ketrampilan teknis
Ketrampilan teknis meliputi kemampuan menerapkan pengetahuan khusus atau keahlian spesialisasi. Katrampilan ini bisa diperoleh melalui pendidikan formal seperti arsitek, teknik elektro, tetapi juga dapat diperoleh melalui pendidikan non formal seperti kursus

2. Katrampilan manusiawi
Kemampuan ini berhubungan dengan bagaimana kita menciptakan kerjasama , memahami situasi kerja dan bagiamana memberikan motivasi kepada orang lain agar perencaaan dapat berjalan baik.

3. Ketrampilan konseptual
Pimpinan adalah manajer oleh karena itu mereka harus memiliki ketrampilan konseptual dimana mampu menganalisis dan dan mendiagnosis situasi guna mengambil keputusan dan mampu memilih alternative keputusan yang cermat guna kepentingan organisasi kedepan.